BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Seiring dengan kemajuan teknologi yang
mengglobal telah terpengaruh dalamsegala aspek kehidupan baik dibidang ekonomi,
politik, kebudayaan seni dan bahkan di dunia pendidikan. Dunia pendidikan harus
mau mengadakan inovasi yang positif untuk kemajuan pendidikan dan sekolah.
Tidak hanya inovasi dibidang kurikulum, sarana-prasarana, namum inovasi yang
menyeluruh dengan menggunakan teknologi informasi dalam kegiatan pendidikan.
Teknologi pendidikan dapat mengubah
cara pembelajaran yang
konvensional menjadi nonkonvensional.Pembelajaran di sekolah perlu menggunakan serangkaian peralatan elektronik yang mampu bekerja lebih efektif dan efisien. Walaupun demikian, peran guru tetap dibutuhkan di kelas, ia sebagai desainer, motivator, pembimbing, dan sebagainya dan tentunya sebagai sosok individu harus tetap dihormati.Oleh karena itu, pada makalh ini akan membahs macam-amacam alat an karakteristik teknologi pendidikan. Agar para calaon pendiik mengetahui teknologi apa saja yang apa digunakan dalam proses belajar mengaja.Dalam proses pelaksanaan pendidikan dibutuhkan langkah-langkah yang diambil demi kelancaran proses pelaksanaan pendidikan tersebut.
konvensional menjadi nonkonvensional.Pembelajaran di sekolah perlu menggunakan serangkaian peralatan elektronik yang mampu bekerja lebih efektif dan efisien. Walaupun demikian, peran guru tetap dibutuhkan di kelas, ia sebagai desainer, motivator, pembimbing, dan sebagainya dan tentunya sebagai sosok individu harus tetap dihormati.Oleh karena itu, pada makalh ini akan membahs macam-amacam alat an karakteristik teknologi pendidikan. Agar para calaon pendiik mengetahui teknologi apa saja yang apa digunakan dalam proses belajar mengaja.Dalam proses pelaksanaan pendidikan dibutuhkan langkah-langkah yang diambil demi kelancaran proses pelaksanaan pendidikan tersebut.
Langkah-langkah tersebut kita kenal dengan Alat-alat pendidikan.
berdasarkan pernyataan itu, maka di dalam makalah ini akan dibahas lebih detail tentang pengertian dan jenis-jenis alat pendidikan.
berdasarkan pernyataan itu, maka di dalam makalah ini akan dibahas lebih detail tentang pengertian dan jenis-jenis alat pendidikan.
Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari
“Medium” yang secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu
perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan. Dalam Proses
belajar mengajar di kelas, Media berarti sebagai sarana yang berfungsi
menyalurkan pengetahuan dari Guru kepada peserta didik. Kelancaran
Aplikasi Model Pembelajaran sedikit banyak ditentukan pula oleh
Media Pembelajaran yang digunakan. Beberapa ahli
memberikan definisi tentang media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran
dalam penelitian Kuantitatif maupun Kualitatif juga menjadi ukuran penting dalam
proses pembuktian hipotesa. Schramm (1977) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang
dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.
Sementara itu, Briggs (1977) berpendapat bahwa media
pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran
seperti : buku, film, video dan sebagainya. Sedangkan, National Education
Associaton (1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana
komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi
perangkat keras. Dari ketiga pendapat di atas disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat
menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta
didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta
didik.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa pengertian jenis-jenis alat pendidikan?
2.
Apa saja jenis-jenis alat pendidikan?
3. Apa saja macam-macam alat teknologi pembelajaran?
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
A. Pengertian Jenis-Jenis Alat Pendidikan
Dalam praktek pendidikan, istilah alat pendidikan sering
diindentikkan dengan media pendidikan, walaupun sebenarnya pengertian alat
lebih luas dari pada media. Namun yang dimaksud disini adalah alat pendidikan
bukan media pendidikan. Alat pendidikan adalah langkah-langkah yang diambil
demi kelancaran proses pelaksanaan pendidikan . jadi alat pendidikan itu berupa
usaha dan perbuatan yang secara konkrit dan tegas dilaksanakan, guna menjaga
agar proses pendidikan bisa berjalan dengan lancar dan berhasil . Namun secara
umum, alat pendidikan adalah segala sesuatu yang digunakan untuk mencapai
tujuan pendidikan . Sementara itu, Ahmad D. Marimba memandang alat pendidikan
dari aspek fungsinya, yakni ; alat sebagai perlengkapan, alat sebagai pembantu
mempermudah usaha mencapai tujuan, alat sebagai tujuan untuk mencapai tujuan
selanjutnya. menurut pendapat ini, alat pendidikan bisa berupa usaha/perbuatan
atau berupa benda/perlengkapan yang bisa memperlancar/mempermudah pencapaian
tujuan pendidikan.
B. Jenis-jenis alat pendidikan
Mengenai alat-alat pendidikan, kita dapat memedakan
alat-alat pendidikan ke dalam dua golongan yaitu:
a.
Alat pendidikan preventif
Alat pendidikan preventif ialah alat pendidikan yang
bersifat pencegahan. Tujuan alat pendidikan preventif itu diadakan jika
maksudnya mencegah anak sebelum ia berbuat sesuatu yang tidak baik . Dan untuk
menjaga agar hal-hal yang dapat menghambat atau mengganggu kelancaran dari
proses pendidikan bisa dihindarkan. Misalnya, tata tertib, anjuran dan
perintah, larangan dan paksaan.
b.
Alat pendidikan represif
Alat pendidikan represif disebut juga alat pendidikan
kuratif atau alat pendidikan korektif. Alat pendidikan represif bertujuan untuk
menyadarkan anak kembali kepada hal-hal yang benar, yang baik dan tertib.
Alat pendidikan represif diadakan bila terjadi sesuatu
perbuatan yang dianggap bertentangan dengan peraturan-peraturan, atau sesuatu
perbuatan yang dianggap melanggar peraturan. Misalnya, pemberitahuan, teguran,
hukuman dan ganjaran .
Namun ada pendapat lain yang mengatakan bahwa alat
pendidikan dibagi ke dalam tiga bagian :
1.
Alat-alat yang memberikan perlengkapan berupa kecakapan berbuat dan
pengetahuan hafalan. Alat-alat
ini dapa disebut alat-alat untuk pembiasaan.
2.
Alat-alat untuk memberi pengertian; membentuk sikap, minat dan cara-cara
berfikir.
3.
Alat-alat yang membawa ke arah keheningan batin, kepercayaan dan pengarahan
diri sepenuhnya kepada-nya.
C.
Macam-Macam Alat
Teknologi Pembelajaran
Macam-macam teknologi pendidikan
menurut Davies (1972) ada tiga yaitu Teknologi pendidikan satu atau perangkat
keras(hardware), tenologi pendidikan dua atau perangkat lunak
(software), dan teknologi pembelajaran gabungan antar perangkat keras dan
lunak.
a. Teknologi
pendidikan satu atau perangkat keras (hardware)
yaitu mengarah pada perangkat keras
seperti proyektor, laboratorium, komputer (CD ROM, LCD, TV, Video dan alat
elektroniklainnya). Teknologi mekanik ini dapat mengotomatiskan proses belajar
mengajar dengan alat yang memancarkan , memperkuat suara, mendistribusikan,
merekam dan mereproduksi stimuli material yang menjangkau pendengar/ siswa
dalam jumlah yang besar. Jadi teknologi satu ini efektif dan efisien
a) White board.
adalah salah satu teknologi dasar yang
ada di sekolah yang membuat proses pembelajaran menjadi menarik. Sangat mudah
menggunakan alat ini, apalagi dikombinasikan dengan komputer dan proyektorPapan
tulis ini bisa dengan cepat berubah menjadi layar yang bisa dilihat oleh
Peserta didik di kelas. Suara, objek dan gambar yang bergerak akan membuat
pelajaran menjadi menarik dan mudah dipahami Peserta didik.
b) Proyektor.
Merupakan salah satu teknologi yang
digunakan di kelas. Pendidik dapat mempresentasikan pelajaran menggunakan
transparansi berwarna dan bermakna yang bisa menarik perhatian Peserta didik
dengan segara. Menggunakan proyektor dan komputer sangat bermanfaat. Pendidik
bisa menunjukkan kepada Peserta didik beberapa dokumentasi, film dan presentasi
powerpoint.
3.
Film
Film pendidikan
dianggap efektif untuk digunakan sebagai alat bantu pengajaran. Film yang
diputar didepan siswa harus merupakan bagian integral dari kegiatan
pembelajaran
c) Rekaman pendidikan
Istilah
asingnya recording, yaitu alat audio yang tidak diikuti dengan visual. Melalui
alat ini kita dapat mendengarkan cerita, pidato, music, sajak, pengajian, dst.
Rekaman ini sering dilakukan oleh kelompok individu/siswa, misalnya merekan
ceramah guru.
d) Sound
Amplifier.
Sound ampliifier sangat berguna bila
dipakai dalam kelas besar. Beberapa Peserta didik tidak bisa menangkap apa yang
disampaikan oleh Pendidik karena mereka tidak bisa mendengar suara Pendidik.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suara yang jelas dan kuat, mampu menarik
perhatian Peserta didik sehingga hasil pembelajaran menjadi lebih baik.
e) Filmstrip dan
Slide.
Filmstrip dan Slide diperlihatkan
kepada Peserta didik-Peserta didik dengan menggunakan proyektor. Yang dilihat
adalah gambar “mati” jadi bukan gambar yang hidup seperti film. Gambar itu
dapat merupakan foto, tabel, diagram karton, reproduksi lukisan, dan
sebagainya.
f) Overhea projektot
Dapat memproyeksikan pada layar apa yng
tergambar atau tertulis pada lembaran plastik transparan. Guru dapat membuat
tulisan, catatan atau gambar pada lembaran transparan itu seprti yang
dilakukannya dalam papn tulis. Teknologi ini dapat digunakan tanpa menggelapkan
ruangan.
g) TV
Merupakan alat elektronik yang
berfungsi menyebarkan gambar dan diikuti oleh suara tertentu.. pada dasarnya
sama dengan gambar hidup bersuara.
D.
Karakteristik
Alat Teknologi Pembelajaran
Karakteristik
disini yang dimaksu adalah Ciri khas dari suatu cara atau suatu metode yang
digunakan oleh seorang pendidik dalam mengarahkan peserta didik untuk mencapai
tujuan dengan menggunakan alat bantu yang disebut “hardware” antara lain berupa
TV, radio, video, tape, computer, dan lain-lain. Selain dari itu pendidikan
juga menggunakan teknologi yang disebut dengan “software” antara lain
menganalisis dan mendesain urutan atau langkah-langkah belajar berdasarkan
tujuan yang ingin dicapai dengan metode penyajian yang serasi dan penilaian
keberhasilannya.
1.
Teknologi Pembelajaran satu (software)
a.
Teknologi auditif, karateristiknya:
§ Hanya
mengandalkan suara saja
§ Dalam
penyajiannya tidak ada gambar
§ Tidak cocok
untuk orang tuli
b.
Teknologi visual, karakteristiknya:
§ Mengandalkan
indra penglihatan saja
§ Ganbar yang
ditampilkan statis, diam atau tidak bergerak
§ Tidak cocok
untuk orang buta
c.
Teknologi audio visual
§ Menyajikan
suara dan gambar
§ Menampilkan
visual tau gambar yang dinamis (bergerak)
§ Digunakan
dengan cara yang telah direncanakan oleh perancang
2.
Teknologi Pembelajaran dua (hard ware) ( kurikulum,
metode, peraturan, langkah- langkah, manajemen( planing, organizing,
aktuanting, controling)
§ Dapat terlihat
bila sudah diaplikasikan dalam proses belajar mengajar
§ Berorientasi
pada POAC
§ Selalu
direncanakan dengan matang sebelum melakukan poses pembeljaran
§ Dalam proses
pembelajaran bersanarkan pada kurikulum yang ditetapkan
§ Menggunakan
metode yang sudah direncanakan
3.
Teknologi pembelajaran tiga ( gabungan
soft ware dan hard ware)
§ Menyajikan
suara dan gambar
§ Menampilkan
visual tau gambar yang dinamis (bergerak)
§ Digunakan
dengan cara yang telah direncanakan oleh perancang
§ Dalam
pelaksanaan proses pembelajaran
mengguanakn audio visual dan metode tertentu yang telah direncanakan.
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Alat pendidikan adalah langkah-langkah yang diambil demi
kelancaran proses pelaksanaan pendidikan. jadi alat pendidikan itu berupa usaha
dan perbuatan yang secara konkrit dan tegas dilaksanakan, guna menjaga agar
proses pendidikan bisa berjalan dengan lancar dan berhasil. Namun secara umum,
alat pendidikan adalah segala sesuatu yang digunakan untuk mencapai tujuan
pendidikan.
Alat-alat pendidikan dapat dibedakan menjadi dua golongan.
Alat-alat pendidikan dapat dibedakan menjadi dua golongan.
Alat teknologi pembelajaran adalah perkakas,
perabot yang digunakan untuk mengarahkan peserta didik untuk mencapai tujuan
pendidikan baik menggunakan alat media atau disebut hardware maupun yang lebih penting sofeware,
sehingga dalam mendidik peserta didik mereka dapat menerima materi yang
diberikan oleh pendidik dengan rasa senang bukan terpaksa.
1.
Alat pendidikan preventif
2.
Alat pendidikan represif
B.
Saran
Setelah Penulis dapat menyelesaikan makalah ini, kami
harapkan saran dan kritik dari bapak pembimbing dan rekan-rekan sekalian demi
kesempurnaan makalah ini. Dan semoga makalah ini bermanfaat bagi yang membaca.
Amien.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar