RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
IDENTITAS
Nama Sekolah : SMAN 1 REJOTANGAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : X (Ganjil)
Pertemuan Ke : 1 (Satu)
Alokasi Waktu :
2 x 45
I.
Standar
Kompetensi :
1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI)
II.
Kompetensi
Dasar :1.3 Menjelaskan
pengertian,fungsi dan tujuan
NKRI
III.
Indikator :
- Menjelaskan pengertian,fungsi,dan tujuan
Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
-
Menjelaskan
teori fungsi Negara
-
Menjelaskan
teori tujuan Negara
-
Menjelaskan
pengertian Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI)
-
Menjelaskan
fungsi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
-
Menjelaskan
tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan mendengar
penejasan guru serta membaca dari buku paket dan LKS siswa dapat menjelaskan pengertian
dan fungsi negara NKRI
2.
Dengan mendengar
penejasan guru serta membaca dari buku paket dan LKS siswa dapat Membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan
Negara
3.
Dengan mendengar
penejasan guru serta membaca dari buku paket dan LKS siswa dapat Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
4.
Melalui
penjelasan guru, siswa dapat bersikap ingin tahu sesuai tanda -
tanda yang dimunculkan.
5.
Melalui
penjelasan guru siswa dapat bersikap terbuka pada ide baru sesuai dengan tanda
– tanda yang dimunculkan
6.
Melalui kajian
dari berbagai literatur, siswa dapat mengemukakan ide yang menunjukkan
kemampuan
7.
Melalui kajian
dari berbagai literatur,siswa dapat bertanya yang menunjukkan kemajuan
V.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian fungsi
dan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
a. Teori fungsi Negara
Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara yang dibentuk berdasarkan
semangat kebangsaan (nasionalisme), yaitu tekad warga negara Indonesia untuk
membangun dan memajukan masa depan bangsa walaupun berbeda ras, agama, budaya,
suku, serta adat istiadat.
Tujuan Negara Kesatuan Republik
Indonesia
a.
Melindungi segenap
bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia
b.
Memajukan
kesejahteraan umum
c.
Mencerdaskan
kehidupan bangsa
d.
Ikut melaksanakan
ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi, dan keadilan sosial
Ke empat fungsi tersebut merupakan
fungsi minimum, yang berarti fungsi
negara tersebut bisa berkembang lebih luas sesuai dengan tujuan yang hendak
dicapai negara. Jadi fungsi negara tidak bisa dipisahkan dari tujuan negara
karena keduanya saling berkaitan, sehingga para ahli seringkali menggandengkan
tujuan dengan fungsi negara.
Fungsi Negara Kesatuan Republik Indonesia
a.
Fungsi
penertiban (law and order). Untuk
mencapai tujuan bersama dan mencegah
bentrokan-bentrokan dalam masyarakat,
maka negara harus melaksanakan penertiban atau bertindak sebagai stabilisator.
b. Fungsi kesejahteraan dan kemakmuran. Untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran rakyat
di-perlukan campur tangan dan peran aktif dari negara.
c.
Fungsi Pertahanan,
yaitu untuk menjaga kemung-kinan serangan dari luar, sehingga negara harus
diperlengkapi dengan alat-alat pertahanan.
d. Fungsi keadilan, yang dilaksanakan melalui badan-badan
pengadilan.
2. Teori Tujuan
Negara
1. Teori Kekuasaan
a. Shang Yang, yang hidup di negeri China sekitar abad V-VI SM menyatakan bahwa tujuan negara adalah pembentukan kekuasaan negara yang sebesar-besarnya.
b. Niccolo Machiavelli, dalam bukunya Il Principe menganjurkan agar raja tidak menghiraukan kesusilaan maupun agama.
2. Teori Perdamaian Dunia
Dalam bukunya yang berjudul De Monarchia Libri III,
Dante Alleghiere (1265-1321) menyatakan bahwa tujuan negara adalah untuk
mewujudkan perdamaian dunia.
3. Teori Jaminan atas Hak dan Kebebasan Manusia
a. Immanuel Kant (1724-1804) adalah penganut teori Perjanjian Masyarakat karena menurutnya setiap orang adalah merdeka dan sederajat sejak lahir.
b. Kranenburg termasuk penganut teori negara kesejahteraan. Menurut dia, tujuan negara bukan sekadar memelihara ketertiban hukum, melainkan juga aktif mengupayakan kesejahteraan warganya.
3. Pengertian Negara Kesatuan Republik Indonesia
Dalam UUD 1945
pasal 1 ayat 1 dinyatakan bahwa Negara Indonesia adalah Negara kesatuan yang
berbentuk republik hal ini menegaskan tentang bentuk Negara dan bentuk
pemerintahan Indonesia,yaitu Negara kesatuan yang berbentuk republik.Adapun
Negara kesatuan yang dipakai adalah sistem disentralisasi
4.
Fungsi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
Negara sebagai
sebuah organisasi dalam menyelenggarakan kehidupan masyarakat, memiliki fungsi
yaitu sebagai pengatur kehidupan Negara fungsi Negara secara umum yang juga
dijalankan oleh Negara Indonesia sebagai berikut:
-
Sebagai stabilisator,
menjaga ketertiban
-
Mengusahakan kesejahteraan
dan kemakmuran rakyat
-
Mengusahakan pertahanan
untuk menangkal serngan dari luar
-
Menegakan keadilan
-
Perlindungan
-
Pelayanan
5. Tujuan Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
Cita-cita NKRI adalah mewujudkan Negara yang bersatu, berdaulat, adil
dan makmur. Dengan rumusan yang singkat, cita-cita NKRI adalah terwujudnya
masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 45.Tujuan NKRI selanjutnya terjabaar dalam
alinea ke-IV pembukaan UUD 45 Yaitu :
a. Melidungi
seegenap bangsa dan tumpah darah Indonesia
b. Memajukan
kesejahteraan umum
c. Mencerdaskan
kehidupan bangsa
d. Ikut serta
melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian adil dan
keadilan social.
VI.
METODE
PEMBELAJARAN
a.
Pendekatan pembelajaran : Cooperatif Learning
b.
Metode pembelajaran : Ceramah bervariasi,tanya jawab,penugasan
VII.
LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan belajar
|
Waktu
|
Nilai
karakter
|
|||
Guru
|
Siswa
|
|||||
1
|
|
- Menjawab salam
- Ketua kelas memimpin do’a
- Mendengarkan dan menjawab pertanyaan yang berkan
oleh guru
|
10
|
- Religius
- Disiplin
- Tenggung jawab
|
||
2
|
Kegiatan inti
- Menjelaskan materi sesuai dengan kompetensi dasar
dan indikator yang sudah disampaikan di awal kegiatan
-
Membimbing
siswa dalam mengkaji literature
-
Melakukan
evaluasi untuk mengetahui ketercapaian dasar
|
- Mendengarkan penjelasan dari guru
- Mengerjakan tes yang diberikan oleh guru
|
70
|
- Jujur
- Demokratis
- Berfikir logis
- Rasa ingin tahu
|
||
3
|
Kegiatan akhir
-
Bersama
siswa membuat kesimpulan hasil belajar
-
Member
pertanyaan yang di tanggapi oleh siswa secara individu
-
Member
salam
|
- Menyimpulkan hasil belajar satu siswa ditunjuk
- Mendengarkan pertanyaan guru dan menjawab bergantian
- Menjawab salam
|
10
|
- Kreatif
- Bersahabat
|
VIII.
MEDIA/SUMBER BELAJAR
a.
Media pembelajaran : Segala sarana disekolah maupun diluar yang dapat digunakan untuk
mendapatkan informasi
b.
Sumber
Belajar
a.
Buku paket PKn kelas X penerbit Intan Pariwara oleh Amin Suprihatini dan
Yudi Suparyanto
b.
Buku paket PKn kelas X penerbit Erlangga oleh Budiyanto
c.
LKS (Pend.Kewarganegaraan ) kreatif kls X viva pakarindo
d.
UUD 1945 yang sudah diamandemen
e.
Buku yang relefan
IX.
PENILAIAN
1. Penilaian afektif melalui pengamatan (akifitas siswa
selama proses pembelajaran)
No
|
Nama siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Scor
|
Scor
max
|
Nilai akhir
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Angka
|
kriteria
|
|||||
1.
|
saleh
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
14
|
15
|
93
|
T
|
|
2.
|
Nur
|
3
|
2
|
3
|
1
|
2
|
11
|
15
|
73
|
S
|
|
3.
|
Ari
|
1
|
2
|
2
|
2
|
2
|
9
|
15
|
60
|
R
|
|
Aspek yang dinilai
|
kriteria
|
||||
1
|
Minat
|
Tinggi
|
:
|
85 – 100
|
|
2
|
Keberanian bertanya
|
Sedang
|
:
|
70 – 84
|
|
3
|
Keberanian menjawab
|
Rendah
|
:
|
65 kebawah
|
|
4
|
Ketepatan menjawab
|
|
|||
5
|
Komunikasi lisan
Ket: Skor nilai pengamatan max 3
Sering = 3
Kadang –
kadang = 2
Tidak pernah
= 1
|
|
Nilai akhir :
2. Penialian kognitif
a. Teknik
Tes tulis
b. Bentuk
Uraian
c. Instrumen
soal
Soal
1.
NKRI adalah negara yang dibentuk berdasarkan semangat kebangsaan sebutkan fungsi dari NKRI tersebut?
2.
Dalam teori tujuan Negara
terdapat beberapa macam teori sebutkan teori tentang tujuan Negara yang
dikemukakan oleh J.Barent?
3.
Bangsa Indonesia adalah Negara
kesatuan berbentuk republik hal ini ditegaskan dalam UUD 1945,sebutkan pasal
dan ayat berapa yang menyatakan hal tersebut?
4.
Jelaskan pengertian
tujuan Negara?
5.
Sebutkan tentang tujuan
NKRI yang ada di dalam batang tubuh pembukaan UUD 1945?
Kunci Jawaban
No
|
Jawaban soal uraian
|
Scor
|
1
|
Fungsi Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI)
- Sebagai stabilisator, menjaga ketertiban
- Mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat
- Mengusahakan pertahanan untuk menangkal serngan dari luar
- Menegakan keadilan
- Perlindungan
-
Pelayanan
|
5
5
5
5
5
5
|
2
|
Teori tujuan Negara menurut J.Barent yaitu
-
Tujuan
sebenarnya,yaitu pemeliharaan keamanan,ketertiban,dan penyelenggaraan
kepentingan umum
-
Tujuan
yang tidak sebenarnya,yaitu pertahanan diri dari kelas berkuasa untk berada
dalam kedudukan nya
|
10
10
|
3
|
Dalam UUD 1945
pasal 1 ayat 1 yang berbunyi Negara Indonesia adalah Negara kesatuan yang
berbentuk republik
|
15
|
4
|
Tujuan Negara
adalah keinginan atau cita cita yang hendak dicapai dan telah ditetapkan
sebagai tujuan Negara
|
10
|
5
|
-
Melindungi
segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia
-
Memajukan
kesejahteraan umum
-
Mencerdaskan
kehidupan bangsa
-
Melaksanakan
ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan
social
|
5
5
5
10
|
|
Jumlah
|
100
|
Rekapitulasi penilaian
No
|
Nama siswa
|
Aspek
penilaian
|
Jumlah
|
Nilai
Akhir
|
kriteria
|
|
Afektif
|
Kognitif
|
|||||
1
|
Saleh
|
93
|
95
|
188
|
94
|
A
|
2
|
Nur
|
73
|
90
|
163
|
81.5
|
B
|
3
|
Ari
|
60
|
80
|
140
|
70
|
C
|
Uraian = Skor
Perolehan
Dua aspek penilaian
Keterangan:
A
|
:
|
Nilai sangat baik
|
91 – 100
|
B
|
:
|
Nilai baik
|
80 – 90
|
C
|
:
|
Nilai cukup
|
70 – 79
|
D
|
:
|
Nilai kurang
|
61 – 69
|
E
|
:
|
Nilai kurang sekali
|
60 ke bawah
|
Rejotangan 25 September 2013
Mengetahui
Praktikan
Guru
Pamong
PURWO
ADI SUROYO.S.Pd NOVIATININGSIH
NIP: 19730828 200604 1 015 NPM: 11187205048P1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar