Jumat, 15 November 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
IDENTITAS
Nama Sekolah                      : SMAN 1 REJOTANGAN
Mata Pelajaran                     : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester                    : X (Ganjil)
Pertemuan Ke                      : 1 (Satu)         
Alokasi Waktu                     : 2 x 45
       I.            Standar Kompetensi   : 1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan
  Republik Indonesia (NKRI)                                                  
      II.          Kompetensi Dasar      :1.3  Menjelaskan pengertian,fungsi dan tujuan
          NKRI
   III.          Indikator                   : -  Menjelaskan  pengertian,fungsi,dan tujuan
     Negara Kesatuan  Republik Indonesia (NKRI)
-  Menjelaskan teori fungsi Negara
-  Menjelaskan teori tujuan Negara
-  Menjelaskan pengertian  Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
-  Menjelaskan fungsi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
-  Menjelaskan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

IV.              TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan mendengar penejasan guru serta membaca dari buku paket dan LKS siswa dapat menjelaskan pengertian dan fungsi negara NKRI
2.      Dengan mendengar penejasan guru serta membaca dari buku paket dan LKS siswa dapat Membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan Negara
3.      Dengan mendengar penejasan guru serta membaca dari buku paket dan LKS siswa dapat Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia
4.      Melalui penjelasan guru, siswa dapat bersikap ingin tahu sesuai    tanda -  tanda yang dimunculkan.
5.      Melalui penjelasan guru siswa dapat bersikap terbuka pada ide baru sesuai dengan tanda – tanda yang dimunculkan
6.      Melalui kajian dari berbagai literatur, siswa dapat mengemukakan ide yang menunjukkan kemampuan
7.      Melalui kajian dari berbagai literatur,siswa dapat bertanya yang menunjukkan kemajuan

    V.            MATERI PEMBELAJARAN
1.      Pengertian fungsi dan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
a.      Teori fungsi Negara
Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara yang dibentuk berdasarkan semangat kebangsaan (nasionalisme), yaitu tekad warga negara Indonesia untuk membangun dan memajukan masa depan bangsa walaupun berbeda ras, agama, budaya, suku, serta adat istiadat.
Tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia
a.       Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia
b.      Memajukan kesejahteraan umum
c.       Mencerdaskan kehidupan bangsa
d.      Ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi, dan keadilan sosial
Ke empat fungsi tersebut merupakan fungsi minimum, yang berarti  fungsi negara tersebut bisa berkembang lebih luas sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai negara. Jadi fungsi negara tidak bisa dipisahkan dari tujuan negara karena keduanya saling berkaitan, sehingga para ahli seringkali menggandengkan tujuan dengan fungsi negara.

Fungsi Negara Kesatuan Republik Indonesia
a.        Fungsi penertiban  (law and order). Untuk mencapai  tujuan bersama dan mencegah bentrokan-bentrokan  dalam masyarakat, maka negara harus melaksanakan penertiban atau bertindak sebagai stabilisator.
b.       Fungsi kesejahteraan dan kemakmuran. Untuk  mencapai kesejahteraan dan kemakmuran rakyat di-perlukan campur tangan dan peran aktif dari negara.
c.        Fungsi Pertahanan, yaitu untuk menjaga kemung-kinan serangan dari luar, sehingga negara harus diperlengkapi dengan alat-alat pertahanan.
d.       Fungsi keadilan, yang dilaksanakan melalui badan-badan pengadilan.

2.      Teori Tujuan Negara
1.      Teori Kekuasaan
a.       Shang Yang, yang hidup di negeri China sekitar abad V-VI SM menyatakan bahwa tujuan negara adalah pembentukan kekuasaan negara yang sebesar-besarnya.
b.      Niccolo Machiavelli, dalam bukunya Il Principe menganjurkan agar raja tidak menghiraukan kesusilaan maupun agama.
 
 
2.      Teori Perdamaian Dunia
Dalam bukunya yang berjudul De Monarchia Libri III, Dante Alleghiere (1265-1321) menyatakan bahwa tujuan negara adalah untuk mewujudkan perdamaian dunia.
3.      Teori Jaminan atas Hak dan Kebebasan Manusia
a.       Immanuel Kant (1724-1804) adalah penganut teori Perjanjian Masyarakat karena menurutnya setiap orang adalah merdeka dan sederajat sejak lahir.
b.      Kranenburg termasuk penganut teori negara kesejahteraan. Menurut dia, tujuan negara bukan sekadar memelihara ketertiban hukum, melainkan juga aktif mengupayakan kesejahteraan warganya.
3.      Pengertian Negara Kesatuan Republik Indonesia
Dalam UUD 1945 pasal 1 ayat 1 dinyatakan bahwa Negara Indonesia adalah Negara kesatuan yang berbentuk republik hal ini menegaskan tentang bentuk Negara dan bentuk pemerintahan Indonesia,yaitu Negara kesatuan yang berbentuk republik.Adapun Negara kesatuan yang dipakai adalah sistem disentralisasi

4.      Fungsi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
Negara sebagai sebuah organisasi dalam menyelenggarakan kehidupan masyarakat, memiliki fungsi yaitu sebagai pengatur kehidupan Negara fungsi Negara secara umum yang juga dijalankan oleh Negara Indonesia sebagai berikut:
-          Sebagai stabilisator, menjaga ketertiban
-          Mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat
-          Mengusahakan pertahanan untuk menangkal serngan dari luar
-          Menegakan keadilan
-          Perlindungan
-          Pelayanan

5.      Tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
Cita-cita NKRI adalah mewujudkan Negara yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Dengan rumusan yang singkat, cita-cita NKRI adalah terwujudnya masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 45.Tujuan NKRI selanjutnya terjabaar dalam alinea ke-IV pembukaan UUD 45 Yaitu :
a.       Melidungi seegenap bangsa dan tumpah darah Indonesia
b.      Memajukan kesejahteraan umum
c.       Mencerdaskan kehidupan bangsa
d.      Ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian adil dan keadilan social.

 VI.            METODE PEMBELAJARAN
a.      Pendekatan pembelajaran   : Cooperatif Learning
b.      Metode pembelajaran          : Ceramah bervariasi,tanya       jawab,penugasan
VII.            LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan belajar


Waktu
Nilai
karakter
Guru
Siswa
1
Kegiatan awal
-       Member salam pada siswa
-       Meminta ketua kelas untuk memimpin do’a
-       Member motifasi dan apresiasi
-       Menyampaikan SK dan KD yang akan dibahas dalam proses pembelajaran dan memberi  pertanyaan awal secara lisan tentang pengertian,fungsi dan tujuan NKRI


-    Menjawab salam
-    Ketua kelas memimpin do’a
-    Mendengarkan dan menjawab pertanyaan yang berkan oleh guru




10
-    Religius
-    Disiplin
-    Tenggung jawab
2
Kegiatan inti
-       Menjelaskan materi sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator yang sudah disampaikan di awal kegiatan
-          Membimbing siswa dalam mengkaji literature


-          Melakukan evaluasi untuk mengetahui ketercapaian dasar
-    Mendengarkan penjelasan dari guru
-    Mengerjakan tes yang diberikan oleh guru



70
-    Jujur
-    Demokratis
-    Berfikir logis
-    Rasa ingin tahu
3
Kegiatan akhir
-          Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar
-          Member pertanyaan yang di tanggapi oleh siswa secara individu
-          Member salam
-    Menyimpulkan hasil belajar satu siswa ditunjuk
-    Mendengarkan pertanyaan guru dan menjawab bergantian
-    Menjawab salam

10
-    Kreatif
-    Bersahabat


VIII.            MEDIA/SUMBER BELAJAR
a.    Media pembelajaran : Segala sarana disekolah maupun diluar yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi
b.   Sumber Belajar
a.         Buku paket PKn kelas X penerbit Intan Pariwara oleh Amin Suprihatini dan Yudi Suparyanto
b.        Buku paket PKn kelas X penerbit Erlangga oleh Budiyanto
c.         LKS (Pend.Kewarganegaraan ) kreatif kls X viva pakarindo
d.        UUD 1945 yang sudah diamandemen
e.         Buku yang relefan






 IX.            PENILAIAN
1.      Penilaian afektif melalui pengamatan (akifitas siswa selama proses pembelajaran)
No
Nama siswa
Aspek yang dinilai
Scor
Scor
max
Nilai akhir
1
2
3
4
5
Angka
kriteria
1.
saleh
3
3
2
3
3
14
15
93
T
2.
Nur
3
2
3
1
2
11
15
73
S
3.
Ari
1
2
2
2
2
9
15
60
R












Aspek yang dinilai
kriteria

1
Minat
Tinggi
:
85 – 100

2
Keberanian bertanya
Sedang
:
70 – 84

3
Keberanian menjawab
Rendah
:
65 kebawah

4
Ketepatan menjawab


5

Komunikasi lisan
Ket: Skor nilai pengamatan max 3
Sering   = 3
Kadang – kadang = 2
Tidak pernah = 1

















Nilai akhir :


2.      Penialian kognitif
a.       Teknik
Tes tulis
b.      Bentuk
Uraian
c.       Instrumen soal
Soal

1.      NKRI adalah negara yang dibentuk berdasarkan semangat kebangsaan sebutkan fungsi dari NKRI tersebut?
2.      Dalam teori tujuan Negara terdapat beberapa macam teori sebutkan teori tentang tujuan Negara yang dikemukakan oleh J.Barent?
3.      Bangsa Indonesia adalah Negara kesatuan berbentuk republik hal ini ditegaskan dalam UUD 1945,sebutkan pasal dan ayat berapa yang menyatakan hal tersebut?
4.      Jelaskan pengertian tujuan Negara?
5.      Sebutkan tentang tujuan NKRI yang ada di dalam batang tubuh pembukaan UUD 1945?

Kunci Jawaban
No
Jawaban soal uraian
Scor
1
Fungsi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
-       Sebagai stabilisator, menjaga ketertiban
-       Mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat
-       Mengusahakan pertahanan untuk menangkal serngan dari luar
-       Menegakan keadilan
-       Perlindungan
-       Pelayanan

5

5

5

5

5


5
2
Teori tujuan Negara menurut J.Barent yaitu
-          Tujuan sebenarnya,yaitu pemeliharaan keamanan,ketertiban,dan penyelenggaraan kepentingan umum
-          Tujuan yang tidak sebenarnya,yaitu pertahanan diri dari kelas berkuasa untk berada dalam kedudukan nya


10



10
3
Dalam UUD 1945 pasal 1 ayat 1 yang berbunyi Negara Indonesia adalah Negara kesatuan yang berbentuk republik

15
4
Tujuan Negara adalah keinginan atau cita cita yang hendak dicapai dan telah ditetapkan sebagai tujuan Negara
10
5
-          Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia
-          Memajukan kesejahteraan umum
-          Mencerdaskan kehidupan bangsa
-          Melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan social
5


5

5

10

Jumlah
100

Rekapitulasi penilaian
No
Nama siswa
Aspek penilaian
Jumlah
Nilai
Akhir
kriteria
Afektif
Kognitif
1
Saleh
93
95
188
94
A
2
Nur
73
90
163
81.5
B
3
Ari
60
80
140
70
C

  Uraian =       Skor Perolehan
                                Dua aspek penilaian

Keterangan:
A
:
Nilai sangat baik
91 – 100
B
:
Nilai baik
80 – 90
C
:
Nilai cukup
70 – 79
D
:
Nilai kurang
61 – 69
E
:
Nilai kurang sekali
60 ke bawah


Rejotangan 25 September 2013
              Mengetahui                                                                Praktikan
            Guru Pamong


      PURWO ADI SUROYO.S.Pd                                 NOVIATININGSIH
      NIP: 19730828 200604 1 015                                  NPM: 11187205048P1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar